Blog Archive

Visitor

Flag Counter

Tuesday, December 31, 2013

Sadra News (Edisi Pertama)

by Unknown  |  in Sadra News at  1:19 AM

Jakarta- SADRA NEWS
STFI SADRA menggelar OPAK (Orientasi Pengenalan Kampus) pada tanggal 29 31 Agustus  3013 bagi mahasiswa baru. Kegiatan  ini diikuti oleh 76 mahasiswa dari Prodi Filsafat Islam dan Ilmu Al Qur’an & Tafsir. Ikut hadir dalam acara ini,  Pimpinan  masing-masing  UNIT  STFI  Sadra  dan Dosen  PAWA  (Dosen  Wali)  bagi  mahasiswa  baru. Kegiatan ini maksudkan untuk 3 tujuan  penting, yakni;  (1).  untuk  mengenalkan program-program Akademik dan Keasramaan, (2). memberikan motivasi  belajar  mahasiswa  dan  (3).  membangun keakraban sesama mahasiswa baru. Dalam Kesempatan ini, Dr. Kholid Al  Walid selaku Ketua STFI Sadra memberikan pembekalan kepada mahasiswa mengenai strategi pembelajaran agar mahasiswa mampu meraih hasil yang maksimal. Dalam paparannya, Dr. Kholid mengemukakan pentingnya menejemen waktu dan perencanaan studi. Hal ini ditegaskan oleh beliau dikarenakan masih adanya sebagian insan civitas akademika yang menganggap sepele persoalan ini. (SN).

PROF.DR.SUWITO, MA MEMBERIKAN PEMBEKALAN PENGISIAN BORANG AKREDITASI
Jakarta-SADRA  NEWS,  Prof.  Dr.  Suwito,  MA  dari  BAN-PT  (Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) sedang memberikan pembekalan pengisian borang akreditasi BAN-PT   kepada divisi education STFI SADRA pada hari Sabtu, 27 Juli 2013, Semoga STFI SADRA memperoleh nilai akreditasi yang memuaskan. Amin (SN)



Editorial

STFI Sadra menuju Renaisans Indonesia !!!

Melintasi seratus tahun kebangkitan nasional (1908), Islam  Indonesia mengalami berbagai perkembangan sangat menarik dicermati. Sebagian perkembangan itu pada dasarnya merupakan kontinuitas tradisi dan aktualisasi historis yang muncul dalam perjalanan Islam selama beradab-abad di Indonesia. Perubahan-perubahan dalam masyarakat Muslim Indonesia terjadi tidak hanya pada tingkat intelektual atau pemikiran, tetapi juga pada tingkat kelembagaan. Perubahan pada kedua aspek ini berkaitan erat satu sama lain, dan karena itu, perubahan pada tingkat kelembagaan Islam di kawasan ini pada dasarnya sekaligus merupakan pengejewantahan atau aktualisasi dari perubahan dan perkembangan yang terjadi pada tingkat pemikiran.
Kebangkitan intelektual Muslim Indonesia memberikan sumbangan penting ke arah pertumbuhan pemikiran Islam. Merupakan kesinambungan pemikiran Islam yang tumbuh sejak awal abad 20, kaum intelektual Muslim Indonesia mengembangkan berbagai corak pemikiran Islam. Juga jelas corak-corak pemikiran Islam yang berbeda itu juga berkembang dari interpladi antara doktrin dan pemahaman Islam dengan lingkungan keindonesiaan yang terus berubah.
Capaian-capaian yang telah diraih umat Islam Indonesia dalam seratus tahun belakangan ini memiliki makna penting bagi masa depan bangsa dan negara, dan karena itu harus terus dikembangkan dan ditingkatkan. Diperkirakan    bahwa sebagian besar perkembangan ini akan terus berlanjut di dalam abad-abad mendatang. Setidaknya, pertumbuhan dan perkembangan itu menjadi modal berharga untuk menatap masa depan yang lebih baik ketimbang di masa-masa silam. Muslim indonesia terus meningkatkan pencapaiannya menuju renaisans Indonesia yang jaya abad demi abad ke depan. Kenyataan sekitar 88,7 persen dari total 240-an juta penduduk Indonesia adalah Muslim memberikan konsekuensi, bahwa kebangkitan Islam Indonesia menjadi faktor yang sangat penting bagi renaisans Indonesia secara keseluruhan. STFI Sadra dalam hal ini dengan niat yang tulus berusaha menjadi bagian dari sejarah kebangkitan intelektual muslim indonesia dengan sebuah visi sederhana yaitu mengantarkan generasi muslim indonesia ke gerbang pencerahan, Renaisans Indonesia!!!

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.